MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 2 SDN KARANGREJO 06 JEMBER DALAM MENGAJUKAN PERTANYAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN GAMBAR SERI
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada tanggal
16 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2
SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011.
viii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembelajaran menggunakan kata tanya
melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share berbantuan gambar seri
yang dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2
SDN Karangrejo 06 Jember berlangsung dengan siswa memikirkan kata tanya
berdasarkan gambar yang diamati sebelum melakukan kegiatan bertanya kepada
temannya di kelas, guru meminta siswa untuk berpasangan selanjutnya salah satu
siswa mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh siswa lain, selanjutnya siswa
menanggapi kalimat yang dikemukakan kawannya. Setelah semua melakukan
kegiatan bertanya jawab siswa dibimbing oleh guru menanggapi kalimat yang
telahdilakukan oleh temannya berdasarkan gambar seri yang telah diamati.
Peningkatan kemampuan berbicara siswa diketahui dari pemerolehan nilai prasiklus
dengan rata-rata nilai siswa 55,35 dengan hanya sekitar 2 siswa (7,1%) yang
mendapat nilai ≥65. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi
56,60 dengan hanya sekitar 8 siswa(28,57%) yang mendapat nilai ≥ 65, akan tetapi
belum mencapai ketuntasan secara klasikal (70%), setelah diterapkan siklus II nilai
rata-rata siswa menjadi 79,46 dengan sebanyak 26 siswa (92,86%) yang mendapat
nilai ≥ 65 dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Aktivitas belajar siswa setelah
mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Model Think Pair and Share
berbantuan gambar seri juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor dari hasil
observasi aktivitas siswa mencapai 68%, setelah dilaksanakan siklus II keaktifan
siswa meningkat maximal yakni 100%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan
siswa dalam menggunakan kata tanya dapat dikatakan baik setelah dilakukan
pembelajaran kooperatif Model TPS berbantuan gambar seri. Saran-saran yang dapat
diberikan: (1) guru, hendaknya menggunakan metode pembelajaran dan media
gambar seri sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan penggunaan kata
tanya,(2) siswa, hendaknya lebih aktif dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan
meningkatkan keberanian dalam berbicara ,(3) peneliti lain, hendaknya menggunakan
hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.