PROSEDUR PEMBAYARAN SISWA PROGRAM REGULER SISTEM ELEKTRONIK PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata pada LBB Primagama
Cabang Jember, maka dapat diambil kesimpulan:
Dalam pelaksanaannya, prosedur pendaftaran dan pembayaran angsuran siswa
program reguler ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
a. Penjelasan terhadap calon siswa mengenai program reguler, jadwal mata
pelajaran beserta fasilitas yang disediakan LBB Primagama.
b. Proses input data keuangan menggunakan Sistem Informasi Bimbingan dan
Keuangan (SIBK). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama,
pacher adalah kode yang diperoleh ketika melakukan pemesanan buku di
kantor Master Franchise (MF). Kode tersebut dirancang khusus oleh kantor
pusat Yogyakarta. Jadi setiap modul yang dicetak sudah memiliki kode
tersebut. Pada saat input data siswa, kode tersebut harus dimasukkan untuk
masuk ke Sistem Informasi Bimbingan dan Keuangan (SIBK). Kedua,
kuitansi pendaftaran dan bimbingan disediakan khusus oleh kantor pusat
Yogyakarta yang sudah disesuaikan dan dirancang khusus bersama pacher.
Keduanya berhubungan erat karena saling terkontrol satu sama lain. Oleh
karena itu, kuitansi tersebut tidak boleh hilang satupun. Pada saat mencetak
kuitansi, kode di dalam SIBK harus sama dengan kode di kuitansi.
Ketidakcocokan membuat data di SIBK tidak akan bisa dicetak.
c. Proses input data harus tepat dan benar agar tidak terjadi kesalahan karena
data yang dimasukkan akan mempengaruhi banyak data termasuk data
laporan keuangan di dalam Sistem Informasi Bimbingan dan Keuangan
Collections
- DP-Accounting [658]