Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pernapasan Manusia Melalui Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas V SDN Kebonsari 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang sangat penting di sekolah dasar. Pada saat proses pembelajaran siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Sesuai dengan hakikat pembelajaran IPA sebagai proses, maka pembelajaran IPA harus berpusat pada siswa (student centered) supaya proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru kelas V SDN Kebonsari 01 Jember pada saat pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa cendurung kurang aktif dan pembelajaran menjadi kurang efektif. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada data dokumen nilai ulang harian siswa pada mata pelajaran IPA terhadap 26 siswa atau 81,25% yang belum mencapai KKM (70).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi organ pernapasan manusia berbantuan media video pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi organ pernapasan manusia berbantuan media video pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember.