Show simple item record

dc.contributor.authorErma Wisudiyawati
dc.date.accessioned2013-12-17T03:36:16Z
dc.date.available2013-12-17T03:36:16Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM070210204158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9398
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aspek aktivitas pada siklus I menunjukkan memperhatikan pelajaran 70,83%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 66,67%, diskusi dalam kelompok 67,71%, semangat dalam pelajaran 63,54%; sampai pelajaran siklus II aspek aktivitas mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 72,92%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 78,12%, diskusi dalam kelompok 78,12%, dan semangat dalam pelajaran 81,25%. Pada siklus I secara keseluruhan didapat persentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,19% dengan kriteria aktivitas cukup aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,41% menjadi 77,6%, dalam hal ini aktivitas siswa tergolong aktif. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir (pos-test) pada siklus I secara klasikal menunjukkan bahwa dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dan tidak tuntas 13 siswa diperoleh persentase sebesar 59,37% dengan kriteria belum tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan secara klasikal bahwa dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan tidak tuntas 8 siswa dengan persentase peningkatan sebesar 15,63% menjadi 75%. Sesuai dengan kriteria ketuntasan, persentase tersebut dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai. Kesimpulan penelitian ini adalah model Cooperative Learning dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri Mangli 01 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204158;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Cooperative Learning, Two Stay Two Stray (TSTS)en_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS IVB SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record