• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (268.7Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Dyah Kumala Santi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian yang dicapai pada penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012, (2) Meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar pada kelas V Semester Ganjil SD Negeri Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011- 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think-Talk-Write dengan media gambar. Model TTW ini memiliki 3 aspek penting yaitu berpikir (Think), diskusi (Talk), dan menulis (Write). Media gambar disini berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan pesan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh sebelum pada siklus I adalah menjadi 58,42% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 67,83%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai ratarata 76,19% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 79,13% pada siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo tahun ajaran 2011-2012. Peneliti memberi saran, dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa diharapkan model Think- Talk-Write digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9393
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository