• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sma Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Materi Suhu Dan Kalor Berdasarkan Tahapan Ideal Problem Solving

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Nailul Faroh - 150210102085.pdf (7.058Mb)
    Date
    2019-07
    Author
    Nailul Faroh, MOH.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di jenjang pendidikan terutama di SMA. Dalam fisika terdapat konsep yang mengungkapkan rahasia dan hukum semesta. Namun kebanyakan siswa banyak yang beranggapan bahwa fisika itu sulit dan rumit karena terlalu banyak rumus, sehingga siswa kurang tertarik dan tidak bersemangat untuk belajar fisika. Dalam hal ini pendidikan berperan penting dalam kehidupan karena merupakan salah satu wahana untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal pengetahuan. Pada kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan, pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa harus berperan aktif pada proses belajar mengajar. Dalam hal ini kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sangatlah penting karena dalam standar isi permendikbud N0. 64 tahun 2013 menyebutkan bahwa siswa diharapkan dapat menunjukan sikap logis, kritis, analitis, cermat dan teliti, bertanggung jawab, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika materi suhu dan kalor menurut IDEAL Problem Solving dan untuk mendeskripsikan kesulitan apa sajakah yabg di alami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi suhu dan kalor menurut IDEAL Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penentuan daerah yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling area. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Jenggawah, di SMA N Arjasa, di SMA Balung, dan di SMA N Pakusari dengan masing-masing sekolah di ambil satu kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93912
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository