PELAKSANAAN KEGIATAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN BOTANI SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan dari Laporan Praktek Kerja Nyata ini adalah a).Ingin mengetahui
promosi yang dilaukan oleh pihak pengelola Taman Botani Sukorambi dan ingin
mengetahui lebih lanjut bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Promosi dalam
meningkatkan jumlah pengunjung di Taman Botani Sukorambi. b). Menerapkan dan
mempratekkan ilmu dan teori yang telah didapat selama di bangku kuliah, serta
membandingkan dengan kondisi yang ada dilapangan atau kondisi riil, khususnya
tentang pariwisata yang berkaitan dengan kegiatan promosi wisata.
Kegiatan Promosi merupakan kegiatan yang intensive dalam waktu yang
relatif singkat sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik produk terhadap calon
konsumen. Produk yang ditawarkan dengan permintaan konsumen dan masingmasing
segmen pasar yang dituju.Dalam penulisan Laporan Praktek Kerja Nyata ini
digunakan tehnik mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini antara
lain : Observasi, Wawancara (interview), dan Dokumentasi. Ada 3 elemen promosi
yang digunakan oleh pihak pengelola Taman Botani Sukorambi Kabupaten Jember,
yaitu: advertising, sales promotion,dan public relations.
Promosi mempunyai peran penting dalam mengenalkan objek wisata Taman
Botani Sukorambi ke masyarakat luas. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan
pendapatan bagi objek wisata Taman Botani Sukorambi.