Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Pegawai Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember Ditinjau Dari Kepribadian Dan Employee Engagement
Abstract
Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan salah satu konstruksi penting dalam psikologi organisasi karena pengaruhnya atas keberhasilan organisasi memiliki dampak yang relatif besar. OCB dalam dunia kerja adalah perilaku di luar batas peran yang tidak berkaitan dengan sistem reward namun memiliki pengaruh terhadap peningkatan efektivitas organisasi. OCB dalam hal ini diyakini dapat dipengaruhi oleh kepribadian dan employee engagement sehingga pihak manajer dapat menentukan siapa saja yang terbaik untuk suatu pekerjaan dan meningkatkan berbagai upaya agar karyawan lebih terlibat dalam pekerjaannya.
Objek dalam penelitian ini adalah pegawai dan non pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan variabel-variabel dalam penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepribadian dan employee engagement, dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah OCB. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dan non pegawai sebanyak 60 orang dengan pengambilan sampel menggunakan metode sensus sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji t.
Analisis data dari uji regresi linier berganda diketahui R square dalam penelitian ini sebesar 0,619 yang menggambarkan bahwa sekitar 61,9% dari model variabel pada penelitian ini dapat berpengaruh terhadap OCB, sedangkan
38,1% dari OCB dijelaskan oleh variabel lain. Uji t dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 3,405 untuk variabel Kepribadian dan 3,003 untuk variabel Employee Engagement. Nilai tersebut bernilai lebih besar dari ttabel sebesar 2.00247, sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima atau dapat dikatakan variabel kepribadian terhadap OCB dan variabel employee engagement memiliki pengaruh terhadap OCB.