Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Getaran Harmonis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sma
Abstract
Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang berkaitan erat dengan fenomena dan kejadian alam, untuk mendukung kegiatan belajar siswa di kelas dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu berkembangnya pemikiran siswa adalah LKS (Lembar Kerja Siswa). LKS ini dapat membantu siswa dalam memecahkan sebuah masalah dan dapat mengembangkan keterampilannya. Dengan penggunaan media yang tepat untuk menunjang LKS salah satunya dalah simulasi PhET, dengan simulasi PhET ini mempermudah siswa dalam melakukan praktikum secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS berbantuan simulasi PhET yang valid dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk mendapatkan produk. Produk pada penelitian ini berupa LKS berbantuan simulasi PhET pada materi getaran harmonis yang diujikan pada siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2017/2018. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil validasi bahan ajar, hasil pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa setelah menggunakan LKS. Berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna diperoleh bahwa LKS berbantuan simulasi PhET yaitu dalam kategori valid. Besar nilai validasi ahli yaitu 78,6% sedangkan validasi pengguna yaitu sebesar 83,3%. Kedua hasil dari validasi ahli aupun validasi pengguna ini masuk dalam kategori valid dengan keterangan boleh digunaan dengan sedikit revisi. Untuk keterampilan berikir kritis hasil tes uraian ini dianalisis dengan menggunakan N-gain dengan hasil keseluruhan yaitu sebesar 0,51 dengan kriteria sedang. Sehingga LKS berbantuan simulasi PhET dapat dikatakan valid dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET secara keseluruhan memperoleh hasil sebesar 94% sehingga respon siswa terhadap LKS (Lembar Kerja Siswa) berbantuan Simulasi PhET masuk dalam kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) LKS berbantuan simulasi PhET memperoleh hasil uji validasi ahli dan validasi pengguna dalam kategori valid, 2) keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET mengalami peningkatan dengan kategori sedang, 3) respon siswa setelah menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET masuk dalam kategori sangat positif.