Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar Proses Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Pembelajaran Biologi Di Sma
Abstract
Buku ajar merupakan bahan ajar penting dan tidak terlepas dari pembelajaran 
yang tejadi di sekolah. Buku ajar yang baik adalah buku yang telah teruji valid, 
praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan penggunaan buku ajar 
cetak lebih umum dibandingkan versi digital. Akan tetapi, buku yang ada belum 
memfasilitasi proses belajar secara maksimal yang ditunjukkan dari masih rendahnya 
hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan isi buku lebih banyak mengandung penjelasan 
verbal dan minimnya penggunaan gambar yang mampu memvisualisasikan suatu 
proses terkait konsep, sehingga lebih mudah dipahami. 
 Kajian mengenai proses dan penggunaan gambar menjadi hal yang tidak dapat 
dipisahkan dalam pembelajaran Biologi termasuk pada materi seperti Sistem 
Pencernaan Makanan. Adapun upaya meningkatkan hasil belajar tidak hanya dengan 
cara mengembangkan buku ajar cetak. Akan tetapi, juga dilakukan inovasi dengan 
menyatukan karakteristik antara gambar dan proses ke dalam buku ajar cetak.  
Penyajian materi dalam buku ajar berbasis gambar proses diilustrasikan oleh 
serangkaian gambar yang memiliki karakteristik utama antara lain: terdiri atas 
beberapa gambar yang berbeda (warna, bentuk, ukuran, kedudukan/posisi), tersusun 
berurutan, merupakan suatu kesatuan atau saling berhubungan, dan menggambarkan 
suatu proses tertentu. Hal tersebut dapat memaksimalkan peranan buku ajar cetak 
dalam peningkatan hasil belajar termasuk juga retensi (daya ingat) siswa. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil 
pengembangan buku ajar Sistem Pencernaan Makanan berbasis gambar proses. 
Disamping itu juga, mengkaji buku ajar Sistem Pencernaan Makanan berbasis 
gambar proses yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Biologi di SMA.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan 
yang digunakan adalah model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono tahun 
2011 dan terdiri atas tiga tahapan utama yakni tahap pendahuluan (studi lapangan dan 
studi literatur), tahap perancangan (rancangan buku ajar dan instrumen penelitian), 
tahap pengembangan (validasi, revisi, uji coba). Subjek uji coba adalah siswa-siswi 
SMAN 02 Bondowoso (XI MIPA 2) dan SMAN 01 Prajekan (XI MIPA 4).  
Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: angket, wawancara, 
dokumentasi, observasi, validasi ahli dan pengguna, uji rumpang, pretest, posttest, 
retest. Adapun data yang diperoleh antara lain: data hasil studi pendahuluan 
(wawancara guru, angkat guru-siswa, studi literatur), hasil validasi buku ajar dan 
perangkat pembelajaran, hasil uji coba I dan II (angket respon guru-siswa, uji 
rumpang, hasil belajar kognitif dan psikomotorik, retensi belajar, keterlaksanaan). 
Buku ajar Sistem Pencernaan Makanan berbasis gambar proses tergolong 
valid secara logis dan empirik. Valid secara logis berdasarkan rerata hasil penilaian 
ahli sebesar 87,5 dan pengguna sebesar 96,4. Valid secara empirik berdasarkan hasil 
yang menunjukkan bahwa buku ajar tergolong praktis dan efektif.  
Buku ajar berbasis gambar proses praktis digunakan dalam pembelajaran 
berdasarkan rerata nilai uji rumpang memenuhi kriteria mudah sebesar 78,0; nilai 
kepraktisan hasil angket respon guru-siswa sebesar 82,7 dan 89; dan keterlaksanaan 
pembelajaran sebesar 88,5. Adapun keefektifan buku ajar ditentukan berdasarkan 
rerata skor N-gain memenuhi kriteria tinggi sebesar 0,7; kriteria kemampuan 
psikomotorik memenuhi kriteria baik dengan rerata nilai sebesar 82,35;  rerata nilai 
akhir hasil belajar sebesar 81,0 dan kriteria retensi sangat baik dengan perolehan 
rerata persentase retensi sebesar 97,5%.  
Buku ajar Sistem Pencernaan Makanan berbasis gambar proses memiliki 
tampilan menarik dan berbeda dengan buku yang ada pada umumnya. Hal tersebut 
dapat menarik minat belajar siswa, memunculkan motivasi internal siswa, dan 
memudahkan siswa untuk memahami konsep-konsep terkait proses pencernaan.
Collections
- MT-Mathematic [104]