PERAN KANTOR PARIWISATA DALAM MEMROMOSIKAN PRODUK WISATA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Kantor Pariwisata Kabupaten Jember merupakan lembaga yang berperan
mengorganisir dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan
kepariwisataan, meliputi pengembangan, pembangunan, pembinaan, dan
memromosikan Produk wisata.
Praktek Kerja Nyata ini dilaksanakan di Kantor Pariwisata Kabupaten
Jember. Selama lebih dari satu bulan mulai tanggal 18 Oktober s/d 26 November
2010. Tujuan dari Praktek Kerja Nyata ini adalah untuk mengetahui bagaimana
peran aktif Kantor Pariwisata Kabupaten Jember dalam rangka memromosikan
bentuk-bentuk produk wisata dan memperoleh pengalaman kerja mengenai tata
cara dan kinerja Kantor Pariwisata Kabupaten Jember dalam upayanya melakukan
pembinaan terhadap obyek-obyek wisata di Kabupaten Jember.
Hasil yang di peroleh dari Praktek Kerja Nyata ini adalah Kantor
Pariwisata memiliki Peranan yang sangat penting dalam membenahi dan memberi
nilai tambah terhadap obyek dan daya tarik wisata serta melaksanakan berbagai
upaya antara lain pengembangan sosial budaya, pengembangan sarana dan
prasarana, menyebarkan informasi dan promosi serta peningkatan peran serta
masyarakat, ditambah lagi dengan usaha menanggulangi kendala-kendala yang
dihadapi dalam pengembangan obyek wisata tersebut. Bentuk-bentuk promosi
yang dilakukan oleh Kantor Pariwisata untuk mengenalkan semua produk wisata
di Kabupaten Jember yaitu melalui brosur, prospectus, E-mail, leafleats, booklet
dan guidebook. Upaya Kantor Pariwisata dalam memromosikan produk wisata
yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan atau event-event yang bertujuan untuk
meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Jember beserta unsur
penunjangnya agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di
Kabupaten Jember, serta untuk mengenalkan potensi produk wisata di Kabupaten
Jember