Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Timss Konten Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika
Abstract
Miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten
aljabar terdiri dari 6 jenis miskonsepsi yaitu miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi
tanda, miskonsepsi tanda, miskonsepsi hitung, miskonsepsi konsep, miskonsepsi
sistematis, miskonsepsi konsep, dan miskonsepsi strategi.
Berdasarkan hasil analisis, persentase masing-masing bentuk miskonsepsi
siswa dalam mengerjakan soal TIMSS dengan jumlah siswa 31 siswa yaitu
miskonsepsi terjemahan sebesar 29% atau sebanyak 9 siswa, miskonsepsi tanda
sebesar 16,1% atau sebanyak 5 siswa, miskonsepsi hitung sebesar 29% atau
sebanyak 9 siswa, miskonsepsi sistematis sebesar 16,1% atau sebanyak 5 siswa,
miskonsepsi konsep sebesar 12,9% atau sebanyak 4 siswa, dan miskonsepsi strategi
sebesar 22,6% atau sebanyak 7 siswa.