Pengaruh Citra RUmah Sakit dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien BPJS melalui Kepuasan pada RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso
Abstract
RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso merupakan rumah sakit umum yang
mendapat kritik dari Ketua Lembaga Pengkajian dan Perlindungan Korban
Kebijakan Publik terkait pelayanan yang diterima pasien pada tahun 2015.
Penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini dilakukan
dengan memilih responden pasien BPJS. Jenis Data yang digunakan dalam
penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer. Data
diperoleh melalui pengisian kuesioner terhadap 112 responden menggunakan
teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang tidak sama bagi
anggota populasi/non probability sampling dengan penentuan sampel berdasar
kriteria tertentu/purposive sampling. Data dianalisa menggunakan analisis jalur.
Penelitian menunjukkan bahwa variabel citra rumah sakit berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel citra rumah
sakit berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien, variabel kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien, variabel
kepuasan pasien berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas