dc.description.abstract | Industri ritel modern di Indonesia yang berkembang pesat yaitu
department store. Department store adalah sebuah tempat perbelanjaan yang
menjual berbagai macam non basic items (bukan kebutuhan pokok), fashionables,
dan branded items. Dalam department store konsumen dapat menentukan dan
memilih barang – barang dengan berbagai macam harga, merk, kualitas dari
produk yang dibutuhkan. Selain itu department store juga menyediakan berbagai
macam kebutuhan yang gaya yang terdiri dari pakaian, tas, sepatu, make up,
parfum dan kebutuhan lainnya.
Salah satu department store yang berkembang pesat adalah matahari
department store. Di Jember Matahari department store terdapat dua gerai yang
terletak di Jl. Diponegoro dan Jl. Gajah Mada. Matahari department store ini
merupakan tempat perbelanjaan yang mempunyai berbagai merk terkenal dengan
berbagai model fashion yang kekinian dan juga uptodate. Selain itu matahari
department store Jember memberikan berbagai tawaran promosi penjualan
sehingga konsumen yang memiliki waktu luang untuk berkunjung di matahari
department store dengan melihat berbagai fashion yang memiliki inovasi yang
unik dan update serta memiliki promosi penjualan seperti diskon maka konsumen
tertarik untuk melakukan pembelian secara spontan tanpa adanya perencanaan
sebelumnya.
Dalam penelitian ini yang menjadi responden penelitian adalah semua
konsumen matahari department store Jember. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada 107 responden. Metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda
dengan variabel bebas yaitu Pengaruh Gaya Hidup Belanja, Keterkaitan Mode dan
Promosi Penjualan serta Pembelian Tidak Terencana sebagai variabel terikat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle, fashion
involvement dan sales promotion berpengaruh secara signifikan terhadap impuls
buying di Matahari department store Jember. | en_US |