Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Deviden dan Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat
keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya. Semakin tinggi
harga saham, maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Begitu pula sebaliknya,
semakin rendah harga saham, maka nilai perusahaan tersebut juga akan semakin
rendah. Suatu perusahaan dapat dikatakan mempunyai nilai yang tinggi jika
kinerja perusahaan yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendapatkan hasil
secara empiris pengaruh pengungkapan Sustainability Reporting (SR) dan ukuran
perusahaan terhadap kebijakan deviden dan nilai perusahaan dengan profitabilitas
sebagai variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI yang berjumlah 43 perusahaan
tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sempel dengan metode purposive
sampling yang menghasilkan 13 perusahaan yang telah memenuhi syarat sehingga
didapatkan 65 data sampel. Data penelitian diambil dari data sekunder yaitu
laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
jalur (path analysis) dengan SPSS Versi 22.
Hasil analisis diketahui bahwa Sustainability Reporting (SR) berpengaruh
signifikan terhadap profitabilitas dan tidak berpengaruh signifikan terhadap
kebijakan deviden. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap
profitabilitas namun berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk
profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan deviden dan berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan. Begitu juga dengan kebijakan deviden tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.