Gambaran Health Literacy Pada Pasien Di Pusat Pelayan Kesehatan Lp2m Universitas Jember
Abstract
Health literacy didefinisikan kemampuan kognitif dan sosial yang
mempengaruhi kemampuan individu mengakses, memahami, dan menggunakan
informasi kesehatan yang digunakan untuk menentukan koping yang tepat.
Memahami health literacy diperlukan kemampuan menggunakan dan
mengintepretasikan teks atau bacaan terkait kesehatan. Kemampuan yang
dimaksud yaitu kemampuan membaca leaflet, inform concern, label obat, serta
memahami informasi yang diberikan tenaga kesehatan baik secara lisan maupun
tertulis, juga memahami petunjuk alur berobat saat menjalani pengobatan. Health
literacy sendiri menggambarkan kemampuan kognitif dan ketrampilan sosial yang
dapat diartikan sebagai motivasi dan kemampuan individu untuk mengakses,
memahami dan menggunakan informasi dalam hal menjaga kesehatannya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui gambaran health literacy dan karakteristik pasien
di Pusat Pelayanan Kesehatan LP2M Universitas Jember.
Desain penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik sampel
consecutive sampling dengan jumlah sampel 230 responden. Alat pengumpulan
data menggunakan kuesioner karakteristik reponden, faktor-faktor yang
mempegaruhi health literacy, dan Newest Vital Sign (NVS). Data numerik
disajikan dalam bentuk mean, standar deviasi, median, modus dan data kategorik
disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]