Upaya Tour Guide Dalam Memberikan Kualitas Pelayanan Sebagai Penyedia Atraksi Kepada Wisatawan di Treasure Bay Bintan
Abstract
Praktek Kerja Nyata (PKN) dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2019
sampai tanggal 21 Mei 2019. Adapun tujuan melaksanakan Praktek Kerja Nyata
di PT. Bintan Hotel Utama Treasure Bay Bintan adalah untuk mengetahui Upaya
Tour Guide dalam memberikan Kualitas Pelayanan Sebagai Penyedia Atraksi
Kepada Wisatawan di Treasure Bay Bintan.
Treasure Bay adalah resort seluas 338 hektar yang terletak di Pulau Bintan
Indonesia. Treasure Bay Bintan merupakan anak perusahaan dari Landmarks
Berhad yang beralamat di Jln. Raja Haji Km 1, Teluk Sebong, Lagoi, Kabupaten
Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.
Treasure Bay Bintan memiliki banyak sekali aktivitas yang bisa dimainkan
oleh wisatawan seperti ATV, UTV, segway dan masih banyak lagi. Pastinya
dalam aktivitas tersebut harus ditemani oleh seorang tour guide. Pada saat
menemani tamu, tour guide di Treasure Bay Bintan harus bertanggung jawab dari
awal wisatawan melakukan aktivitasnya hingga selesai dengan memberikan
kualitas pelayanan yang baik agar memberi kesan yang baik kepada perusahaan
sebagai salah satu upaya peningkatan kunjungan wisatawan.
Upaya tour guide dalam memberikan Kualitas Pelayanan di Treasure Bay
Bintan yaitu harus tanggap dan bisa mencari jalan keluar dalam menangani
kendala pada waktu menemani wisatawan yang melakukan aktivitas seperti saat
bermain ATV yang biasanya terjadi masalah pada kendaraan seperti rantai lepas
dan gas kendaraan tiba-tiba tinggi, maka tour guide harus bisa tanggap menangani
masalah tersebut dengan cara memperbaikinya. Tour guide di Treasure Bay
Bintan juga harus tau bagaimana cara menangani kecelakaan pada saat
mendampingi wisatawan bermain aktivitas.