dc.description.abstract | Pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi tidak terlepas dari peran
media dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia Banyuwangi, salah satunya
adalah melalui nilai media. Selain itu, nilai media ada karena berbagai internasional
acara yang dilakukan oleh pemerintah Banyuwangi dalam serangkaian kegiatan
festival Banyuwangi, salah satunya adalah Wisata Olahraga Banyuwangi. Selain itu,
pengembangan dan pengembangan pariwisata di suatu daerah akan berdampak pada
ekonomi daerah. Oleh karena itu dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk
menentukan hubungan antara olahraga Banyuwangi pariwisata dan ekonomi
Banyuwangi dan bagaimana dampak ekonomi dari pengembangan pariwisata di
Banyuwangi kabupaten. Penelitian ini dilakukan pada periode 2012-2018 di
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, menggunakan panel data dari enam
kegiatan pariwisata olahraga yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten
Banyuwangi. Metode analisis digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini adalah
metode Panel Least Square (PLS). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa
Jumlah pengunjung memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan
daerah di Banyuwangi. Selain itu, peran media Nilai dalam hal ini terkait dengan
berita yang memuat acara di Banyuwangi ternyata mampu menarik minat wisatawan
selain meningkatkan jumlah wisatawan juga meningkatkan pendapatan daerah
Banyuwangi. Keberadaan wisata olahraga diselenggarakan dalam beberapa tahun
terakhir juga memiliki efek pengganda pada kinerja sub-sektor pendukung pariwisata
seperti hotel, restoran, hiburan, jumlah kios, investasi, jumlah pekerja dan lainnya
yang terkait dengan sektor pariwisata. | en_US |