Pengaruh LKS Berbantuan Scaffolding Dalam Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Abstract
Era Global Revolusi Keempat (4IR) saat ini mulai banyak berkembang
teknologi informasi sangat pesat. Hal inilah yang membuat persaingan kerja pada
abad tersebut semakin kompetitif, oleh karena itu siswa harus dibekali
keterampilan berfikir tingkat tinggi sejak dini, seperti berpikir kreatif dan
kreativitas ilmiah. Tingkat kreativitas ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika
tergolong sangat rendah, dikarenakan pembelajaran yang diterapkan di sekolah
masih berpusat pada guru. Sehingga banyak siswa yang merasa kesusahan dalam
mempelajari fisika, untuk memunculkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa
guru harus memiliki strategi. Strategi yang digunakan seperti merubah model
pembelajaran, pemberian media belajar, serta pemberian LKS atau modul
pembelajaran. Strategi di dalam pembelajaran yang digunakan untuk
meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah adalah dengan menggunakan model
creative problem solving. Model creative problem solving merupakan salah satu
model yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan
penguatan kreatif. Selain menggunakan model creative problem solving siswa
dalam memecakan masalah juga diberikan bantuan scaffolding di dalam LKS,
sehingga siswa tidak mengalami kesusahan dalam menyelesaikan permasalahan
yang diberikan.