Show simple item record

dc.contributor.authorSETYOWATI, Arum
dc.date.accessioned2019-10-23T08:56:45Z
dc.date.available2019-10-23T08:56:45Z
dc.date.issued2019-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93606
dc.description.abstractProses pembelajaran adalah inti dari kegiatan di sekolah. Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 perlu melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Keaktivan siswa memegang peranan penting dalam keberhasilan pembelajaran. Aktivitas belajar siswa di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember masih perlu untuk ditingkatkan terutama pada siswa kelas XI Akuntasi 4. Hal itu dibuktikan saat observasi yang ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang tanpak diam saja tanpa megajukan pertayaan setelah guru menjelaskan dan juga ada beberapa siswa yang tanpak berbicara sediri tanpa mendengarkan penjelasan dari guru, dan hasil wawacara dengan guru mata pelajaran akuntansi kelas XI SMK 1 Pancasila Ambulu Jember, mengatakan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terlihat memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru namun masih belum menyeluruh karena pada saat guru memberikan kesempatan bertanya, siswa yang bertanya lebih berpusat pada siswa yang pintar atau yang mendapatkan peringkat. Hal tersebut berdampak pada kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar juga rendah. Hasil belajar siwa dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa yang diperoleh dari dokumen guru mata pelajaran kelas XI akuntansi SMK 1 Pancasila Ambulu Jember yang menunjukka rata-rata nilai siswa kelas XI AK 4 sebesar 69,1 dengan siswa tuntas sebanyak 19 dan tidak tuntas sebanyak 23 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa masih dibawah KKM, yaitu ≥75. Salah satu faktor penyebat dari permasalah tersebut karena penggunaan model pembelajaran yang selama ini diterapkan masih konvensional (ceramah). Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam pengguaan model pembelajaran yang sesuai yaitu seperti model Improve. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve untuk mengetahui adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siwa kelas XI AK 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada KD ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh dari nilai tugas dan ulangan harian siswa dengan menerapkan model pembelajaran Improve dikelas XI AK 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada KD Ayat Jurnal Penyesuaian perusahaan dagang. Pada siklus I, rata-rata skor ativitas belajar siswa dalam kategori sedang dengan skor 2,3 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,1 dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tugas dan ulangan harian siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 78,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,2%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 81,5 dan ketuntasan belajar secara klasikal 83,3%. Berdasarkan penerapan tindakan dan wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi serta salah satu siswa kelas XI AK 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember, maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian semester genap tahun ajaran 2018/2019.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectPembelajaran Improveen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record