dc.description.abstract | Pendidikan non formal yang tepat untuk membentuk karakter adalah
gerakan pramuka. Keberadaannya harus diperhitungkan sebagai salah satu
benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia. Undangundang
nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka menyebutkan bahwa
pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur non formal yang diperkarya
dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka dalam membentuk kepribadian
yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi
nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup. proses pendidikan
karakter dapat diterapkan dalam kegiatan pramuka dimana dalam setiap kegiatan
pramuka bersumber dari dasa dharma.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam dasa dharma pramuka.
Bagaimana proses pendidikan karakter pada penerapan dasa dharma pramuka di
SDN Sumbersari 01 Jember
Penelitian dilaksanakan di SDN Sumberdari 01 Jember, waktu
pelaksanaan adalah semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer
dalam penelitian ini adalah Pembina pramuka, Guru kelas, dan Siswa yang
mengikuti ekstrakulikuler pramuka. Sedangkan sumberdata sekunder dalam
penelitian ini adalah draft rencana kegiatan dan panduan syarat kecakapan umum
(SKU) untuk pramuka penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data terdiri atas
tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini secara umum terdapat
dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap
penyelesaian.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya nilainilai
karakter di dalam proses penerapan dasa dharma pramuka di SDN
Sumbersari 01 Jember. Nilai tersebut antara lain nilai religius, nilai toleransi, nilai
jujur, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis,
nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai
menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar
membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Nilainilai
karakter yang terdapat dalam dasa dharma pramuka merupakan keseluruhan
dari delapan belas nilai karakter yang telah di tetapkan oleh pemerintah; 2) Proses
pendidikan karakter pada penerapan dasa dharma pramuka dilakukan oleh
pembina dengan cara selalu membiasakan, menghayati serta mengamalkan nilainilai
karakter pada dasa dharma pramuka dalam setiap melaksanakan kegiatan
pramuka dan setiap karakter memiliki proses yang berbeda-beda untuk diterapkan
kepada diri seorang pramuka.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan
adalah penambahan jumlah tenaga pembina pramuka yang ahli terhadap
pendidikan pramuka; perlengkapan kegiatan pramuka yang dimiliki sekolah harus
ditambah lagi, agar mempermudah pelaksanaan dalam pelatihan pramuka menjadi
lebih efektif. | en_US |