Show simple item record

dc.contributor.authorFahrunnisak
dc.date.accessioned2019-10-22T01:56:57Z
dc.date.available2019-10-22T01:56:57Z
dc.date.issued2019-07-12
dc.identifier.nim150210204099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93571
dc.description.abstractPendidikan non formal yang tepat untuk membentuk karakter adalah gerakan pramuka. Keberadaannya harus diperhitungkan sebagai salah satu benteng penting dalam menjaga nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia. Undangundang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka menyebutkan bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur non formal yang diperkarya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka dalam membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup. proses pendidikan karakter dapat diterapkan dalam kegiatan pramuka dimana dalam setiap kegiatan pramuka bersumber dari dasa dharma. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam dasa dharma pramuka. Bagaimana proses pendidikan karakter pada penerapan dasa dharma pramuka di SDN Sumbersari 01 Jember Penelitian dilaksanakan di SDN Sumberdari 01 Jember, waktu pelaksanaan adalah semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Pembina pramuka, Guru kelas, dan Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka. Sedangkan sumberdata sekunder dalam penelitian ini adalah draft rencana kegiatan dan panduan syarat kecakapan umum (SKU) untuk pramuka penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini secara umum terdapat dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya nilainilai karakter di dalam proses penerapan dasa dharma pramuka di SDN Sumbersari 01 Jember. Nilai tersebut antara lain nilai religius, nilai toleransi, nilai jujur, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Nilainilai karakter yang terdapat dalam dasa dharma pramuka merupakan keseluruhan dari delapan belas nilai karakter yang telah di tetapkan oleh pemerintah; 2) Proses pendidikan karakter pada penerapan dasa dharma pramuka dilakukan oleh pembina dengan cara selalu membiasakan, menghayati serta mengamalkan nilainilai karakter pada dasa dharma pramuka dalam setiap melaksanakan kegiatan pramuka dan setiap karakter memiliki proses yang berbeda-beda untuk diterapkan kepada diri seorang pramuka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah penambahan jumlah tenaga pembina pramuka yang ahli terhadap pendidikan pramuka; perlengkapan kegiatan pramuka yang dimiliki sekolah harus ditambah lagi, agar mempermudah pelaksanaan dalam pelatihan pramuka menjadi lebih efektifen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectDasa Dharma Pramukaen_US
dc.titlePendidikan Karakter Melalui Penerapan Dasa Dharma Pramuka Di SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record