Show simple item record

dc.contributor.authorWidya Rahayu, ARINI
dc.date.accessioned2019-10-21T10:16:40Z
dc.date.available2019-10-21T10:16:40Z
dc.date.issued2019-08
dc.identifier.nim140210402070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93545
dc.description.abstractKesantunan berbahasa merupakan wujud dari suatu tindakan yang dapat tercermin dalam tata cara komunikasi melalui tanda verbal dan non-verbal yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat pengguna bahasa. Kesantunan selalu dikaitkan dengan cara berkomunikasi yang dilihat dari segmen tutur serta konteks tutur saat peristiwa tutur berlangsung. Kesantunan berbahasa hadir dengan tujuan untuk mewujudkan komunikasi efektif dan membangun hubungan interpersonal dalam interaksi serta memperkecil potensi konflik. Kesantunan berbahasa tuturan imperatif yang diinterpretasi dari segmen tutur dan konteks tutur tertentu selalu lebih dari satu yang bersifat persuasif. Apabila kesantunaan tuturan imperatif tersebut mengandung kaliamat perintah, pemberian izin, dan memerintah. Maksud yang telah dipahami melalui berbagi prinsip-prinsip kesantuan berebahasa serta menimbulakan adanya realisasi pematuan dan pelanggaran. Konteks tutur yang memicu timbulnya berbagai strategi kesantuanan berbahasa tuturan imperatif pada sebuah tuturan terdapat pada proses interaksi antarsiswa di SMA Negeri 1 Muncar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKesantunan berbahasaen_US
dc.subjectInteraksi Antar Siswaen_US
dc.subjectSMA Negeri 1 Muncaren_US
dc.titleKesantunan Tuturan Imperatif dalam Interaksi Antarsiswa Di SMA Negeri 1 Muncaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record