PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SDIT HARAPAN UMAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa selama pembelajaran
meliputi antusiasme dalam belajar siklus I sebesar 100% berada pada kriteria sangat
aktif sedangkan pada siklus II adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif,
aktivitas bertanya dan mengajukan pendapat pada siklus I sebesar 37,9% sedangkan
pada siklus II adalah 32,1%, aktivitas memperhatikan video pembelajaran pada siklus
I adalah 100% berada pada kriteria sangat aktif dan pada siklus II adalah 100%
berada pada kriteria sangat aktif; aktivitas mengerjakan LKS siklus I adalah 100%
berada pada kriteria sangat aktif demikian juga pada siklus II adalah 100% berada
pada kriteria sangat aktif dan aktivitas presentasi 67,2% pada siklus I dan pada siklus
II adalah 46,4%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada
prasiklus 28%, 48% untuk siklus I dan 82% untuk siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar pada materi daur hidup hewan. Saran-saran
yang dapat diberikan: bagi guru, berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan
model quantum teaching melalui video pembelajaran IPA mengalami peningkatan,
maka pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai
upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.