• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Irfan -140210302013_.pdf (5.139Mb)
    Date
    2019-10-10
    Author
    IRFAN, Mohammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa, dengan jumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggrat dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,40%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,23%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,67% . Pada siklus 1 hasil belajar memperoleh persentase sebesar 78,34%, pada siklus 2 memperoleh persentase 80,4% pada siklus 3 memperoleh persentase 81,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berfikir krtitis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan pembelajaran problem based learning.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93294
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository