dc.description.abstract | Berdasarkan dari hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang telah
dilaksanakan pada PT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Jember,
maka dapat disimpulkan Peran Customer Servise Dalam Pelayanan Aduan Jasa
Keuangan pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Jember sudah
dilakanakan sesuai dengan standart operating prosedur. Pelaksanaannya meliputi:
membantu memberi informasi kepada nasabah tentang persyaratan pembukaan
tabungan,membantu nasabah dalam pengisian formulir pembukaan rekening,
menerima aduan nasabah tentang kendala yang dihadapi, membantu menyiakan
aplikasi pembukaan rekening tabungan dengan menyediakan speciment,
membantu menyediakan slip setoran, membantu menyerahkan buku tabungan
pada tabungan, membantu pengisian slip penarikan dan tanda tangan bagian
belakang slip penarikan, membantu memeriksa kebenaran pengisian formulir
aplikasi pembukaan rekening tabugan membantu penutupan rekening tabungan
dan slip setoran yang dicocokan dengan identitas penabung, membantu
menyediakan dan pengisian formulir penutupan tabungan, pelayanan aktivitas
pelayanan nasabah (customer service) dalam menangani aduan jasa keuangan
atau komplain nasabah. | en_US |