Faktor - Faktor Penentu Manajemen Laba Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI
Abstract
Manajemen laba merupakan pilihan metode akuntansi yang secara sengaja
dipilih pihak manajemen digunakan sebagai tujuan tertentu pada suatu perusahaan.
Informasi laba pada suatu perusahaan dianggap hal yang sangat penting, karena
informasi laba perusahaan dapat dipandang secara umum sebagai representasi
kinerja pada manajemen pada periode tertentu.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis apakah
Kepemlikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Free Cash Flow dan Ukuran
Perusahaan merupakan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap Manajemen
Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsusmi di BEI. Jumlah populasi
dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan, dengan metode penarikan sampel
yaitu purposive samping diperoleh 22 perusahaan, yang sesuai dengan kriteria
dengan rentang penelitian dari tahun 2015-2017. Total pengamatan dalam periode
penelitian sebanyak 66 pengamatan. Metode penelitian menggunakan Analisis
Regresi Linier Berganda, dengan hasil pengujian terdapat 2 variabel independen
Profitabilitas (ROA) dan Free Cash Flow (FCF) yang berpengaruh signifikan
terhadap Manajemen Laba (DAit). Sedangkan 3 variabel independen yang lain
yaitu Kepemilikan Manajerial (KPMJ), Leverage (LEV) dan Ukuran Perusahaan
(SIZE) berpengaruh tidak signifikan terhadap Manajemen Laba (DAit).