Show simple item record

dc.contributor.advisorSATRIJONO, Hari
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti
dc.contributor.authorFEBRIANTI, Vika Ratu
dc.date.accessioned2019-10-08T08:43:25Z
dc.date.available2019-10-08T08:43:25Z
dc.date.issued2019-10-07
dc.identifier.issn150210204109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93201
dc.description.abstractBahasa digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan diri, mengeluarkan ide atau pendapat serta sebagai sarana untuk beradaptasi dengan sesama. Bahasa dapat dipelajari di Sekolah Dasar yaitu secara tematik dalam tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup. Pada tema 3 terdapat beberapa pembelajaran yang memuat bahasa Indonesia di dalamnya, seperti pada pembelajaran 6 terdapat mata pelajaran PPKn, PJOK, dan Bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan tersebut saling berkaitan dalam penerapannya. Siswa diharapkan mampu menguasai keempat keterampilan tersebut. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa Sekolah Dasar kelas IV adalah keterampilan menulis. Permasalahan yang sering ditemui oleh guru di Sekolah Dasar ketika membelajarkan bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis adalah penggunaan kalimat yang tidak efektif, seperti pemborosan kata dan kosakata tidak baku. Oleh karena itu, analisis kesalahan kalimat efektif dan penyebab dari kesalahan kalimat efektif tersebut perlu dilakukan sehingga guru dapat mencari alternatif untuk memperbaikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks wawancara pada siswa kelas IV tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN Kepatihan 01 Jember?; (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks wawancara pada siswa kelas IV tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN Kepatihan 01 Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks wawancara pada siswa kelas IV tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN Kepatihan 01 Jember; (2) Untuk mengungkap faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks wawancara pada siswa kelas IV tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN Kepatihan 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah naratif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember. Data yang diambil melalui dokumentasi adalah hasil karangan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan kalimat efektif meliputi kesalahan penggunaan kesatuan (Unity), kesalahan penggunaan kehematan kata, kesalahan penggunaan kelogisan makna, dan kesalahan penggunaan bahasa baku nonbaku. Kesalahan ejaan meliputi penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda baca titik (.), koma (,), tanya (?), dan hubung (-). Kesimpulan penelitian ini yaitu masih terdapat kesalahan dalam penulisan kalimat efektif pada teks wawancara siswa yang meliputi kesalahan penggunaan kesatuan makna, kesalahan penggunaan kehematan kata, kesalahan penggunaan kelogisan makna, dan kesalahan penggunaan bahasa baku nonbaku. Kesalahan ejaan meliputi penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda baca titik (.), koma (,), tanya (?), dan hubung (-). Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut antara lain faktor lingkungan, kebiasaan menulis siswa kurang benar, kurangnya minat baca siswa, dan kesalahan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya guru mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan tersebut agar dapat mengurangi, memperbaiki, dan menghilangkan kesalahan. Berbagai cara dapat dilakukan di antaranya yaitu meningkatkan minat baca siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, dan melatih keterampilan berbahasa siswa khususnya dalam menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, guru sebaiknya meninjau ulang tulisan siswa dan memberikan pembenaran agar kesalahan yang sama tidak terjadi berikutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenggunaan kalimaten_US
dc.subjectkalimat efektifen_US
dc.subjectteks wawancaraen_US
dc.subjectTema 3en_US
dc.subjectPembelajaran bahasa indonesiaen_US
dc.titleKesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Teks Wawancara pada Siswa Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN Kepatihan 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record