dc.description.abstract | Pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 lebih menekankan
pada pendidikan berkarakter yang sudah dapat diintegrasikan dalam seluruh
pembelajaran pada setiap bidang studi yang terdapat dalam kurikulum. Pada
kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 guru belum menerapkan model
pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa kurang memperhatikan saat
pembelajaran berlangsung. Salah satu alternatif yang digunakan oleh guru untuk
menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa memahami materi dengan
menggunakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair –
Share dengan berbantuan media pop up. Model pembelajaran kooperatif tipe
Think – Pair – Share dengan berbantuan media pop up dapat menarik perhatian
siswa serta menambah semangat belajar siswa.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share
(TPS) akan membantu siswa untuk berkerja sama dalam menjawab pertanyaan
dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran ini juga menuntut
siswa untuk aktif dalam berdiskusi dengan waktu yang diberikan oleh guru.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair - Share (TPS)
berbantuan media pop up ini membantu dalam proses pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan media pop up untuk meningkatkan
hasil belajar pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Menggunakan media
pop up guru dapat memberikan pemahaman materi terhadap siswa, sehingga
siswa memperoleh gambaran yang konkret dari materi yang akan disampaikan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ adakah pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair - Share berbantuan media pop up
terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku
di SDN Jember Lor 02 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair - Share berbantuan media pop up
terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku
di SDN Jember Lor 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 mulai
tanggal 18 Februari 2019 sampai 21 Februari 2019. Subjek penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 62 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan pada hasil uji-t ranah kognitif menunjukkan
nilai thitung = 4,667. Hasil thitung dibandingkan dengan ttabel dengan df 60 pada taraf
signifikan 5 %. Berdasarkan uji- t diketahui hasil thitung > ttabel (4,667 > 1,671),
hasil uji t ranah afektif diatas dibandingkan pada tabel kritik t pada df 60 dan pada
signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,447 > 1,671, dan hasil uji t ranah
psikomotorik diatas dibandingkan pada tabel kritik t pada df 60 dan pada
signifikansi 0,50, diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.558 > 1,671. Berdasarkan hasil
tersebut, Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe think – pair – share berbantuan media pop up terhadap hasil
belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN
Jember Lor 02 tahun pelajaran 2018/2019 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share berbantuan media pop up
terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku
di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi model pembelajaran alternatif di sekolah sebagai referensi guru dan
kepala sekolah untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan
dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |