Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Moral Anak Kelompok B1 di TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Pendidikan merupakan segala pengalaman dalam berbagai lingkungan yang berpengaruh posistif bagi perkembangan individu yang berlangsung sepanjang hayat (Masitoh, 2011:1.3). Proses pendidikan pertama kali dilakukan di dalam sebuah keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, keluarga sangat berpengaruh dalam proses pendidikan. Keluarga merupakan orang yang pertama kali ditemui anak setelah lahir di dunia, maka dari itu keluarga merupakan tempat pertama kali seorang anak memperoleh pendidikan, dan menjadi tempat memulai interaksi dan mendapat pendidikan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah ― Bagaimanakah hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak kelompok B1 TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember‖. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak kelompok B1 TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yang berjumlah 25 anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Item dalam instrumen pengukuran diuji menggunakan bantuan program SPSS, adapun teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis korelasi Spearman Rho.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil perhitungan rho pada hasil analisis di atas bernilai 0,141, dengan hasil signifikan P> 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak di TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hal ini diperoleh karena sebagian responden menggunakan pola asuh demokratis, peran sekolah dalam penanganan moral agama dan dalam kondisi keluarga yang lebih berdampak pada perilaku moral anak.