Pengaruh Attraction, Amenities dan Accessibilities Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Pada Pantai Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Fluktuasi kunjungan wisatawan di Pantai Pulau Merah perlu diperhatikan
oleh pihak pengelola Pantai Pulau Merah terkait pengelolaan dan pengembangan
objek wisata pantai tersebut, supaya Pantai Pulau Merah tetap bisa
mempertahankan eksistensinya dan membuat loyal para wisatawan yang pernah
mengunjungi maupun yang baru pertama kali mengunjungi Pantai Pulau Merah.
Pemberian layanan yang baik kepada wisatawan diharapkan dapat menciptakan
kunjungan ulang. Komponen produk wisata yang di dalamnya terdapat attraction,
amenities, dan accessibilities, merupakan faktor penentu kepuasan dan loyalitas
wisatawan dalam berkunjung ke suatu objek wisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh attraction,
amenities dan accessibilities terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan Pantai
Pulau Merah. Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling dengan
jumlah sampel terpilih sebanyak 110 responden. Responden tersebut merupakan
wisatawan yang minimal dua kali pernah berkunjung ke Pantai Pulau Merah.