Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Disertai Teknik Probing-Prompting terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran biologi sebagian besar berpusat pada rendahnya kualitas pembelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran menyebabkan keterampilan proses sains siswa relatif rendah karena siswa kurang diberi kesempatan dalam menemukan konsep sendiri dalam proses pembelajaran. Akar masalah keterampilan proses sains yang rendah disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum sesuai dalam melatih keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains merupakan bagian yang penting dari pembelajaran biologi karena setiap pembelajarannya seringkali melibatkan proses dan sikap ilmiah untuk memperoleh produk ilmiah.
Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa memiliki keterkaitan yakni hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika keterampilan proses sains dikembangkan. Oleh karena itu perlu dilakukan pemilihan model pembelajaran yang relevan, efektif dan efisien untuk diterapkan, sehingga diharapkan mampu mengembangkan keterampilan proses sains secara optimal dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) disertai teknik probing-prompting.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui