• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusari

    Thumbnail
    View/Open
    Novia Nur Widia-150210102108 (1).pdf (2.255Mb)
    Date
    2019-10-02
    Author
    WIDIA, Novia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan Saintifik (Saintific Approach)didalam pembelajarannya. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, dan menerapkan apa yang telah dipelajari secara ilmiah. Pada proses pembelajarannya, diharapkan siswa dapat mencari tahu informasi dari berbagai sumber melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta. Dalam kurikulum 2013 kreatifitas siswa sangat diperlukan untuk mencapai tujuan kurikulum itu sendiri. Kreativitas ilmiah dalam proses pembelajaran berperan untuk mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi berbagai metode dan mengeksplorasi alternative solusi. Kreativitas merupakan komponen penting karena kreativitas memberikan ruang besar kepada perkembangan kognitif anak.Dengan demikian pengajaran dengan kreativitas memungkinkan peserta didik untuk mengambil tanggung jawab terhadap keberhasilan belajarnya. Kolaboratif adalah suatu proses kerja sama baik anatara individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Pada pembelajarannya, kolaboratif ini memungkinkan antar anggota kelompok untuk saling mendengarkan dan memperoleh banyak pendapat atau ide dari sudut pandang yang berbedabeda.Kreativitas dan kolaborasi siswa dapat diperoleh dengan menerapkan Pembelajaran Collaborative.Oleh Karena itu perlu dikembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat efektivitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan menurut Nievenn yang terdiri dari tiga tahap yaitu pleminary Research, Prototyping Phase, Assesment Phase untuk menghasilkan suatu produk berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity. Teknik pengambilan data berupa validasi ahli, validasi pengguna dan tes. Instrument pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar soal Pretest – Posttest, sedangkan metode pengumpulan data adalah validasi, test dan dokumentasi.Data yang diperoleh berupa hasil validasi akhir dan hasil belajar peserta didik melalui Pretest – Posttest. Hasil validasi oleh dua validator ahli dan satu validator pengguna terhadap lembar kerja siswa berbasis Collaborative Creativity memperoleh nilai sebesar 4,21 dan masuk dalam kategori valid. Uji coba lapangan dilakukan di SMAN Pakusari Kelas XII IPA 2.Hasil belajar siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Berbasis Collaborative Creativity mengalami peningkatan dilihat dengan menggunakan uji N-gain.Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai 0,718 dan termasuk dalam kategori tinggi.Berdasarkan hal tersebut LKS berbasis Berbasis Collaborative Creativity dikatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93072
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository