Pengembangan Media Komik Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 01 Jember
Abstract
Perkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional
konkret. Pada tahap ini, mereka telah dapat berpikir logis terhadap obyek konkret
disekitarnya. Oleh karena itu, penyampaian materi akan lebih efektif jika dibantu
oleh sebuah media yang dapat mengasah tingkat keaktifan dan berpikir mereka.
Pada kenyataannya, pembelajaran di sekolah dasar tidak selalu mendukung
karakteristik dan kebutuhan siswa. Pembelajaran di kelas lebih banyak
menyampaikan materi secara verbalistik. Sumber belajar dan media yang terbatas
menyebabkan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan kurang
termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu menciptakan
sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sesuai dengan karakteristik
siswa supaya mempermudah siswa memahami materi pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan keefektifan pengembangan media
komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan
01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan proses dan keefektifan media komik pembelajaran
tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada
model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall (dalam Masyhud,
2016:227). Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2)
perencanaan dan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal,
(4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7)
revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan.
Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator mendapatkan
skor 86,4 dan merupakan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa komik
pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong
SiPerDa” sudah valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis t-test, komik pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting
dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” dinyatakan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Perhitungan uji t pada ranah kognitif
diketahui bahwa t-empirik>t-tabel (4,848>1,992). Dengan demikian, diketahui
bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang
menggunakan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul
“Petualangan di Lorong SiPerDa” dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak
menggunakan komik pembelajaran tersebut.
Dari hasil uji keefektifan relatif, diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif
siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan komik pembelajaran tema Sehat
Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” menunjukkan lebih
efektif 49,6% jika dibandingkan dengan hasil belajar ranah kognitif siswa pada
kelas kontrol yang tidak menggunakan media komik pembelajaran tersebut.
Keefektifan media komik pembelajaran juga dapat dilihat dari respon siswa. Media
komik pembelajaran mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase nilai
mencapai 96% atau dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa komik
pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong
SiPerDa” sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru serta
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa