Pengaruh Penerapan Teori van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga Siswa Kelas IV
Abstract
Kegiatan pembelajaran di SD Muhamadiyah 1 Jember sudah
menggunakan Kurikulum 13 akan tetapi dalam pembelajaran matematika guru
tidak sepenuhnya menerapkan pada buku guru, sehingga membuat siswa menjadi
pasif saat pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini
menerapkan teori belajar van Hiele dalam pembelajaran Matematika pokok
bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan teori van Hiele
terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi, persegi panjang dan segitiga
siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Jember semester genap tahun pelajaran
2018/2019?
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi
experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif dalam
bentuk soal-soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini adalah nilai
posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol
dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Hasil undian
menunjukkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas
kontrol.
Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji
homogenitas dengan menggunakan nilai pretest kedua kelas yang kemudian diuji
menggunakan uji levene test dengan menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan
hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui
koefisien F diperoleh sebesar 0,777. Hal tersebut menunjukkan bahwa koefisien F
lebih besar dari 0,05 (0,777 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas
tersebut yaitu kelas IVA dan IVB tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan
perlakukan (treatment) kondisinya adalah homogen.
Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang
diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen (IVA)
dan kontrol (IVB). Penghitungan uji-t dilakukan dengan menggunakan program
SPSS versi 16. Nilai ttabel yang digunakan yaitu nilai ttabel pada taraf kepercayaan
95% atau taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan uji-t sampel terpisah.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS Statistic versi 16, diperoleh
rata-rata nilai pada postest pada kelas eksperimen sebesar 73,90, sedangkan ratarata nilai postest pada kelas kontrol sebesar 60,94. Hasil perhitungan uji-t dengan
menggunakan program SPSS Statistic versi 16 diperoleh hasil thitung sebesar 6,038.
Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, dengan db = (31 + 32) - 2 =
61 pada taraf signifikansi 5%, dan diperoleh nilai ttabel sebesar 1,671. Hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6,038 > 1,671.
Berdasarkan analisis tersebut diperoleh thitung > ttabel (6,038 > 1,671),
dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menerapkan teori
van Hiele terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan luas persegi, persegi
panjang, dan segitiga pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jember. Guru
dapat menerapkan teori van Hiele dalam pembelajaran geometri. Karena
berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan teori van Hiele
dalam pembelajaran geometri terbukti lebih baik dibandingkan dengan metode
diskusi. Guru hrus memperhatikan faktor internal yang mempengaruhi hasil
belajar siswa terutama pada minat, perhatian dan motivasi belajar siswa.