Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Kosmetik Wardah di Jember
Abstract
Pada era moderinasasi dan globalisasi seperti sekarang, tingkat kebutuhan
manusia akan semakin kompleks. Semakin berkembangnya zaman menjadikan
banyak kebutuhan sekunder dan tersier beralih menjadi kebutuhan primer, salah
satunya adalah kebutuhan kecantikan atau kosmetik. Bertambahnya jumlah
masyarakat dan daya beli individu membuat penggunaan kosmetik dari level
pelengkap menjadi level yang diprioritaskan bagi kaum wanita, sehingga
mendorong pertumbuhan jumlah penggunaan kosmetik. Dengan banyaknya
perusahaan kosmetik, berarti terdapat berbagai jenis produk kosmetik yang
beredar di masyarakat saat ini. Ketatnya persaingan industri kosmetik
mengharuskan setiap produsen untuk mengembangkan produk-produk inovatifnya
yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Semakin banyak produk yang
ditawarkan, maka akan semakin banyak pula pilihan konsumen dalam
memutuskan pembelian suatu produk. Dalam hal ini brand atau merek merupakan
salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan
pembelian. Setelah merek sudah terbentuk, maka langkah selanjutnya bagi
perusahaan untuk dapat bersaing yaitu membentuk ekuitas merek. Karena
menciptakan merek yang baik berarti berkaitan dengan membangun ekuitas merek
(brand equity). Salah satu merek kosmetik yang sudah cukup memiliki kekuatan
merek yang kuat adalah kosmetik merek Wardah. Hal ini terbukti dari urutan top
brand produk-produk kosmetik Wardah tidak pernah lepas dari urutan 3 besar
dalam Top Brand Awards tahun 2018 fase 2, akan tetapi belum semua produk
Wardah yang berada pada posisi top three. Beberapa produk Wardah masih
berada di posisi bawah dan jauh dari kategori TOP. Sehingga ekuitas merek yang
dimiliki Wardah belum menyeluruh ke semua produk-produk yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas
merek terhadap loyalitas konsumen kosmetik Wardah di Jember. Jenis penelitian
ini menggunakan penelitian kuanttitatif dengan klasifikasi penelitian asosiatif,
karena ingin menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel Ekuitas
Merek (X) dan variabel Loyalitas Konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini
yaitu 120 orang dengan masing-masing 40 orang di 3 toko yang terdapat counter
Wardah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil
pengujian koefisien dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa
ekuitas merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap loyalitas konsumen
kosmetik Wardah di Jember.