• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSEP SAINS DAN TEKNOLOGI TERAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI (IPS) SISWA KELAS IV DI SDN KERTOSARI 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Pregiwati Marina Sari - 090210204044.pdf (1.914Mb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Pregiwati Marina Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Melalui pengajaran IPS diharapkan siswa dapat belajar tentang masyarakat dan masalah-masalah yang terjadi di sekitar siswa yang berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di SDN Kertosari guru hanya menyampaikan materi yang terdapat pada buku ajar, selain itu pembelajaran berlangsung satu arah atau terpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, dan didominasi oleh pembelajaran ceramah sehingga siswa menjadi cepat bosan dan siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran akibatnya hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil UAS Semester 1 masih banyak siswa nilainya masih berada di bawah KKM, sehingga pembelajaran IPS perlu dikaitkan dengan aspek teknologi dan masyarakat. Pembelajaran yang mengaitkan sains dengan teknologi masyarakat dikenal dengan pembelajaran dengan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Penelitian eksperimental dengan menggunakan pre-tes post-test control group design ini dilaksanakan di SDN Kertosari 2 Jember kelas IV dengan teknik purpose area. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan rincian kelas IV A 27 siswa dan kelas IV B 22 siswa. Dari hasil hasil perhitungan F diperolah harga FdbK hitung = 1,1 harga F = 1 dan dbd hitung ini dikonsultasikan dengan harga F = 47 pada taraf signifikansi 5%. Nilai Ftabel tabel dengan db= 47memiliki harga 4,08. Sehingga dapat diketahui F yang berarti tingkat kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian dinyatakan hitung < Ftabel (1,1<4,08) homogen. Setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan Cluster Random Sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode wawancara dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes,dan dokumentasi. harga (Ho Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes. Diperoleh harga sebesar 4,25 harga dengan ini selanjutnya dikonsultasikan dengan dengan db=47, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh harga Nilai > ) ditolak dan hipotesis kerja ( yaitu 4,83 > 2 sehingga hipotesis nihil ) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konsep Sains dana Teknologi Terapan terhadap Hasil Belajar Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi , Komunikasi, dan Transportasi (IPS) Siswa Kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Bagi guru SD/MI diharapkan dapat menerapkan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Bagi pihak sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Kertosari 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9303
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository