ENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSEP SAINS DAN TEKNOLOGI TERAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI (IPS) SISWA KELAS IV DI SDN KERTOSARI 2 JEMBER
Abstract
Melalui pengajaran IPS diharapkan siswa dapat belajar tentang
masyarakat dan masalah-masalah yang terjadi di sekitar siswa yang berkaitan
dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada proses pembelajaran IPS
yang dilaksanakan di SDN Kertosari guru hanya menyampaikan materi yang
terdapat pada buku ajar, selain itu pembelajaran berlangsung satu arah atau
terpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, dan
didominasi oleh pembelajaran ceramah sehingga siswa menjadi cepat bosan dan
siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran akibatnya hasil belajar siswa rendah.
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil UAS Semester 1 masih banyak siswa nilainya
masih berada di bawah KKM, sehingga pembelajaran IPS perlu dikaitkan dengan
aspek teknologi dan masyarakat. Pembelajaran yang mengaitkan sains dengan
teknologi masyarakat dikenal dengan pembelajaran dengan pendekatan konsep
Sains dan Teknologi Terapan
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil
belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
(IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan
Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2
Jember.
Penelitian eksperimental dengan menggunakan pre-tes post-test control
group design ini dilaksanakan di SDN Kertosari 2 Jember kelas IV dengan teknik
purpose area. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan rincian kelas
IV A 27 siswa dan kelas IV B 22 siswa. Dari hasil hasil perhitungan F diperolah
harga FdbK hitung = 1,1 harga F = 1 dan dbd hitung ini dikonsultasikan dengan harga F
= 47 pada taraf signifikansi 5%. Nilai Ftabel tabel dengan db= 47memiliki harga 4,08. Sehingga dapat diketahui F yang
berarti tingkat kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian dinyatakan
hitung < Ftabel (1,1<4,08)
homogen. Setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan Cluster Random
Sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B
sebagai kelas kontrol. Metode wawancara dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes,dan dokumentasi. harga (Ho
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes. Diperoleh harga
sebesar 4,25 harga dengan ini selanjutnya dikonsultasikan dengan
dengan db=47, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh harga Nilai > ) ditolak dan hipotesis kerja ( yaitu 4,83 > 2 sehingga hipotesis nihil
) diterima. Dari hasil tersebut dapat
dinyatakan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konsep Sains dana
Teknologi Terapan terhadap Hasil Belajar Mengenal Perkembangan Teknologi
Produksi , Komunikasi, dan Transportasi (IPS) Siswa Kelas IV di SDN Kertosari
2 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan
pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas
IV di SDN Kertosari 2 Jember. Bagi guru SD/MI diharapkan dapat menerapkan
pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan sebagai solusi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.Bagi pihak sekolah hendaknya dapat dijadikan
sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN
Kertosari 2.