Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.advisorYUSHARDI
dc.contributor.authorJANNAH, Miftachul
dc.date.accessioned2019-09-30T07:53:43Z
dc.date.available2019-09-30T07:53:43Z
dc.date.issued2019-09-30
dc.identifier.nim150210102119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92993
dc.description.abstractFisika dikenal sebagai mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa. Sebagian besar siswa menganggap fisika pelajaran yang rumit. Dilain pihak, tidak semua materi yang disampaikan oleh pendidik dapat diterima oleh peserta didik dengan baik sehingga pembelajaran kurang maksimal. Hal ini terjadi karena pendidik kurang memanfaatkan teknologi yang ada. Guru sering mengalami kesulitan dalam menyampaikan suatu materi kepada siswa dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, guru memerlukan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi tersebut. Penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual dapat menarik siswa dalam belajar melalui animasi dan gambar yang ditampilkan. Melalui media pembelajaran Sparkol VideoScribe diharapkan mampu memotivasi siswa dalam belajar. Sehingga pembelajaran menggunakan audio-visual disertai animasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe pada pokok bahasan suhu dan kalor terhadap hasil belajar siswa, efektifitas media pembelajaran dan mendeskripsikan respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di salah satu SMK di kabupaten Jember. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Sumber data berasal dari angket, pretest dan posttest. Adapun analisis data menggunakan uji t Independent Sample T-Test dengan program SPSS 23 dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test dan hasil observer pada pengaruh media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe terhadap hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa media pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Jember. Selanjutnya hasil dari efektifitas media pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe ditinjau dari ketuntasan belajar memperoleh persentase 84% karena lebih dari kriteria ketuntasan minimum, sehingga dapat dikategorikan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya hasil respon siswa yang dianalisis menggunakan angket respon pada akhir pembelajaran menyatakan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe dengan tiga indikator yaitu minat siswa terhadap pembelajaran fisika, desain media pembelajaran dan pembelajaran menggunakan Sparkol VideoScribe diperoleh persentase sebesar 82% yang dapat diartikan bahwa siswa merespon positif, sehingga pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe termasuk dalam kategori positif atau baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, efektif digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon positif dalam penggunaannyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectSparkol VideoScribeen_US
dc.subjectPembelajaran fisikaen_US
dc.subjectSuhuen_US
dc.subjectKaloren_US
dc.subjectHasil belajar siswaen_US
dc.titleAplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol VideoScribe Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record