MODEL PEMASARAN DIGITAL BANYUWANGIMALL.COM DAN STRATEGI BERSAING UMKM BINAAN TIM RUMAH KREATIF DI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Metode penelitian dalam menjalankan kegiatan penelitian, peneliti
menggunakan metode kualitatif. Metode Kualitatif penulis gunakan untuk
mendapatkan informasi sesuai dengan keadaan di lapangan dan secara mendalam didapatkan secara trianggulasi. Proses pengumpulan data dan informasi peneliti
lakukan dengan wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi. Sedangkan
kesimpulan yang dapat diambil dalam penulisan skripsi ini adalah model pemasaran
digital banyuwangi-mall.com merupakan Banyuwangi-Mall.com merupakan
sebuah inovasi dalam kebijakan yang mendukung ekonomi kerakyatan dengan
memperkuat ideologi collective actions yang diinisiasi oleh pemerintah, dimana
biaya-biaya ekonomi di tanggung secara bersama-sama untuk kebutuhan yang lebih
besar. Namun, tantangan terbesar dari Banyuwangi-Mall.com terkait dengan
keberlanjutan program ini di masa yang akan datang. Sebab, sejatinya sebuah
program akan survive dalam jangka panjang jika secara finansial mampu
membiayai kegiatannya sendiri (self-funded) dan tidak tergantung dari dana CSR
ataupun APBD. Oleh karena itu, perluasan jaringan pasar harus terus dilakukan
seiring dengan pengembangan inovasi-inovasi produk yang lebih baik dan berdaya
saing. Perluasan jaringan pasar Banyuwangi-Mall.com dengan menyambungkan
website ini dengan advertising daring berskala global harus dilakukan, agar produkproduk lokal serta paket-paket wisata lokal diminati turis-turis mancanegara.
Selanjutnya, Banyuwangi-Mall.com harus menjadi jembatan informasi dari
customer untuk memberikan masukan atas inovasi produk bagi UMKM agar lebih
baik dan berdaya saing. Pada sisi lain, penguatan klaster-klaster industri harus juga
dikembangkan oleh pemerintah untuk mendorong upaya difusi teknologi dan
informasi yang lebih baik untuk UMKM agar lebih maju dan berdaya saing secara
berkelompok.