• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)

    Thumbnail
    View/Open
    M. SAIFUL RIZAL - 130210301069.pdf (5.446Mb)
    Date
    2019-09-26
    Author
    RIZAL, M. Saiful
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian kegiatan yang digunakan guru untuk memberikan materi kepada siswa. Model pembelajaran digunakan untuk menarik minat belajar siswa sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Menurut Moffit (dalam Rusman, 2010:241) model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualititatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penentuan tempat atau lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Sunan Drajat Jember dikelas VIII. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII, penentuan kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember sebagai objek dari penelitian, karena kelas VIII merupakan kelas heterogen yang dapat mewakili subjek dari berbagai tingkat minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 (empat) metode yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumen, metode tes. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan kesimpulan dari kumpulan data yang diperoleh. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif terhadap data yang terdapat dari hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang model Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Skor minat belajar siswa sebelum menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 1,85 dengan kategori rendah, sedangkan skor minat belajar siswa pada siklus I sebesar 2,67 dengan kategori sedang, dan skor pada siklus II sebesar 3,62 yang masuk dalam kategori tinggi. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus 1 memiliki ratarata sebesar 78,03 yang mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu dengan ratarata 86,42. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 71,42%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92,86%. Hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Tahun Ajaran 2018/2019 mengalami peningkatan setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jadi, adanya penerapan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository