• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kepercayaan Diri Anak pada Kelompok B TK PKK Candra Kirana Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Fitria Rismawati-150210301006.pdf (4.260Mb)
    Date
    2019-09-23
    Author
    UMAMAH, Fitria Suci
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peran orang tua sangat penting dalam membentuk beberapa sikap dasar yang akan menentukan perkembangan kepribadian anak di masa depan. Salah satu aspek kepribadian pada anak yang berperan penting dalam masa perkembangan adalah kepercayaan diri anak. Kepercayaan diri sangat penting dan dibutuhkan oleh seseorang dalam situasi apapun terlebih bagi siswa dalam belajar di kelas, karena apabila seorang anak tidak memiliki percaya diri maka akan menghambat dirinya untuk mengembangkan kemampuan dalam dirinya. Keluarga mempunyai peran penting dalam upaya menumbuhkan rasa percaya diri salah satunya melalui pola asuh yang diterapkan. Baumrind (dalam Papalia, 2009: 410) berpendapat bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter adalah orang tua yang menghargai kontrol dan kepatuhan tanpa banyak tanya. Orang tua berusaha membuat anak mematuhi standar perilaku dan menghukum anak secara tegas jika melanggarnya. Dampak negatif dari sikap, perilaku dan kebiasaan-kebiasaan orang tua dalam mengasuh anaknya akan menyebabkan anak tersebut mempunyai sifat pemalas, rendahnya percaya diri dan anak tidak berani untuk menyampaikan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dengan kepercayaan diri anak pada kelompok B TK PKK Candra Kirana Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan kepercayaan diri anak pada kelompok B TK PKK Candra Kirana Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK PKK Candra Kirana Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 30 anak. Jenis penelitian ini menggunakan analisis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan dokumentasi. Item pernyataan dalam instrumen skala diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu menggunakan bantuan program SPSS. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil perhitungan sebesar -0,741. Angka koefisien korelasi pada hasil analisis bernilai negatif yang berarti terdapat hubungan yang negatif antara kedua variabel penelitian. Semakin otoriter pola asuh yang digunakan orang tua, maka anak cenderung memiliki kepercayaan diri yang rendah. Nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga penelitilian ini terbukti dapat menjawab rumusan masalah dengan hipotesis (Ha) pada penelitian ini diterima sedangkan hipotesis (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dengan kepercayaan diri anak pada kelompok B TK PKK Candra Kirana Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran yang dapat diberikan yaitu kepada orang tua hendaknya lebih memperhatikan pentingnya pengasuhan yang tepat kepada anaknya dan memberi kesempatan pada anak untuk mencoba lebih terbuka dan mendengarkan pendapat anak. Bagi peneliti lain diharapkan lebih mempersiapkan proses pengambilan atau pengumpulan data dan jumlah sampel agar penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Bagi pendidik diharapkan mengadakan parenting tentang cara pengasuhan yang efektif untuk mengembangkan percaya diri anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92924
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository