dc.description.abstract | Etnomatematika merupakan penggabungan dari dua kata yakni etno dan
matematika. Etno menunjuk pada suatu budaya atau kelompok masyarakat sosial,
sedangkan matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai bilangan dengan
operasinya yang mengandung kebenaran serta aturan tertentu dalam
penyelesaiannya, yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan seharihari. Etnomatematika adalah penerapan ilmu matematika dalam kehidupan
berbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu di desa Gintangan
Banyuwangi. Hal-hal yang didapatkan pada penelitian ini diubah dalam bentuk
bahan ajar geometri yakni Paket Soal Tes dengan topik Etnomatematika.
Penelitian ini dilakukan di desa Gintangan Banyuwangi terhadap
masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman maupun ataupun mandor
pengrajin anyaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa
etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh pengrajin anyaman yakni
aktivitas menghitung, mengukur, dan mendesain. Etnomatematika pada aktivitas
menghitung muncul saat petani menentukan waktu pengeringan rautan bambu
untuk membuat anyaman dan menentukan jumlah rautan bambu dari masingmasing kerajinan tangan anyaman bambu diantaranya kukusan, ereg, tenong, dan
nyiru. Pada aktivitas-aktivitas tersebut tampak konsep matematika yaitu
perbandingan. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat petani
menentukan tebal/tipisanya rautan bambu untuk anyaman kukusan, ereg, tenong,
dan nyiru. Pengrajin anyaman mengukur dengan menggunakan meteran. Pada
aktivitas-aktivitas tersebut tampak konsep matematika yaitu pengukuran.
Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat pengrajin anyaman bambu
membuat pola anyaman. Saat pengaturan pola anyaman bambu tampak pola
anyaman bambu yang digunakan yakni berbentuk bangun datar persegi dan
persegi panjang.
Hasil penelitian ini akan dibuat produk bahan ajar geometri berupa paket
soal tes. Pokok bahasan yang akan diangkat yakni indikator-indikator yang dapat
teramati dengan baik dan bisa diterapkan dalam perhitungan serta konsep
matematika. Pada Paket Soal Tes ini diangkat pokok bahasan yakni perbandingan
senilai, serta bangun datar. Soal dan penjelasan yang dibuat merupakan aplikasi
atau penerapan dari etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu.
Aktivitas yang akan diterapkan terfokuskan pada aktivitas menentukan jumlah
rautan bambu, dan menentukan pola anyaman bambu yang dihasilkan.
Paket soal tes yang dihasilkan menggambarkan beberapa etnomatematika
pada aktivitas pengrajin anyaman bambu yang menggunakan konsep matematika
dalam aktivitas membuat anyaman dari bambu. Aktivitas yang pertama adalah
menentukan jumlah rautan bambu yang akan digunakan untuk membuat anyaman
bambu kukusan, ereg, tenong, dan nyiru. Soal yang dibuat akan berhubungan
dengan konsep perbandingan senilai. Aktivitas kedua adalah penentuan pola
anyaman bambu. Pada aktivitas tersebut, akan dibuat soal yang akan dihubungkan
dengan konsep bangun datar persegi dan persegi panjang. Berdasarkan hasil
penelitian dari beberapa etnomatematika pada aktivitas-aktivitas tersebut, akan
disajikan ke dalam bentuk soal yang tertera dalam bahan ajar geometri berupa
paket soal tes pada lampiran. | en_US |