PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI SDN CURAHPOH 2 BONDOWOSO
Abstract
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satunya yaitu
kurang bervariasinya strategi dan metode yang diterapkan guru dalam mengajar di
kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Curahpoh 2 Bondowoso, diketahui
bahwa dalam kegiatan pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa kurang
memuaskan. Hal ini dikarenakan guru kurang optimal dalam menggali
pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang
menerapkan strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek, siswa dapat lebih
aktif dalam pembelajaran, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa
untuk menyelesaikan tugas proyek dengan melakukan percobaan dengan
melibatkan lingkungan sekitar siswa sehingga siswa lebih mudah dalam
memahami konsep materi yang dipelajari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa kelas V SDN Curahpoh 2 Bondowoso pada pembelajaran
IPA melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Curahpoh 2
Bondowoso pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran
kontekstual berbasis proyek.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahpoh 2 Bondowoso dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa yang terdiri atas 23
siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini
dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan
menerapkan strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek dalam
pembelajaran IPA.
Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek
dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya magnet pada siswa kelas V SDN
Curahpoh 2 Bondowoso berjalan lancar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek selama pembelajaran
IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas
belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan. Pada
siklus I, aktivitas belajar siswa secara klasikal adalah 67,14%. Pada siklus II,
aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 75,12%. Sama halnya untuk hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Rata-rata hasil
belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,7 meningkat sebesar 75,5
pada siklus II.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan
strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek pada pembelajaran IPA dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Curahpoh 2
Bondowoso.
Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan
strategi pembelajaran kontekstual berbasis proyek dalam pembelajaran IPA
sebagai variasi pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa.