Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Ditinjau dari Kemampuan Multirepresentasi
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa
Kemampuan Multirepresentasi siswa dalam memecahkan masalah pokok bahasan
Hukum Newton tergolong pada kategori baik. Kemampuan siswa dalam
merepresentasikan konsep Hukum Newton dalam menyelesaikan soal tergolong
pada kategori baik dalam membentuk representasi verbal, gambar, dan matematis.
Kesulitan siswa dalam merepresentasikan konsep Hukum Newton dalam
menyelesaikan soal pada representasi verbal yaitu tidak dapat mengartikan
kembali maksud soal, pada representasi gambar yaitu tidak dapat membuat
gambar dari informasi di soal dan pada representasi matematis yaitu siswa tidak
dapat menentukan rumus yang digunakan. Penelitian ini juga menemukan siswa
dengan skor multirepresentasi yang tinggi di sekolah memperoleh skor pemecahan
masalah yang tinggi pula, sehingga pembelajaran dengan melibatkan
multirepresentasi perlu dilakukan untuk memecahkan suatu masalah fisika.