Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Materi Gerak Lurus Siswa Di SMA
Abstract
Pembelajaran sangat diperlukan untuk menciptakan peserta didik yang
memiliki kemampuan dalam berbagai hal. Guru yang masih menggunakan model
pembelajaran konvensional membiasakan peserta didik menerima semua informasi,
sehingga menyebabkan siswa kurang aktif pada saaat proses pembelajaran. Fisika
merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga
mempermudah siswa dalam memahami materi fisika. Fisika membutuhkan
multirepresentasi (representasi verbal, representasi matematik, representasi gambar
dan representasi grafik) dalam menyelesaikan suatu persoalan, tetapi peserta didik
biasanya mengalami kesulitan dalam merepresentasikan ulang materi yang sudah
diajarkan. Peserta didik biasanya hanya dilatih dalam menggunakan satu representasi
saja yaitu representasi matematik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran
guided inquiry disertai pictorial riddle terhadap representasi verbal materi gerak lurus
siswa di SMA, mengkaji pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai
pictorial riddle terhadap representasi matematik materi gerak lurus siswa di SMA,
mengkaji pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai pictorial riddle
terhadap representasi gambar materi gerak lurus siswa di SMA, mengkaji pengaruh
model pembelajaran guided inquiry disertai pictorial riddle terhadap representasi
grafik materi gerak lurus siswa di SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas
sebagai sampel. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Pakusari pada semester genap
tahun ajaran 2018/2019. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster