Show simple item record

dc.contributor.advisorYayuk Mardiati
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.authorWARDHANI, Putri Febriana Indah
dc.date.accessioned2019-09-16T05:01:11Z
dc.date.available2019-09-16T05:01:11Z
dc.date.issued2019-09-16
dc.identifier.nim150210204091
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92777
dc.description.abstractKurikulum 2013 menekankan pada berbagai aspek seperti aspek sikap spiritual dan sosial, aspek pengetahuan serta aspek keterampilan. Dalam penerapan kurikulum 2013, pemerintah menyediakan buku guru dan buku siswa. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat memahami materi pembelajaran, guru dapat menggunakan lembar kerja sering disebut dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang ada saat ini hanya memuat 5 kecerdasan, padahal terdapat 9 macam kecerdasan yang lebih dikenal dengan istilah multiple intelligence. Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligence perlu dilakukan agar peserta didik dapat mengembangkan berbagai kecerdasan yang dimiliki dan dapat meningkatkan kualitas proses serta hasil belajar peserta didik dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligence tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan citacitaku kelas IV di SDN tegalgede 03 tahun pelajaran 2018/2019?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligence tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV di SDN tegalgede 03 tahun pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) tahap perencanaan; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi; (5) tahap revisi; (6) tahap uji coba produk awal; (7) tahap revisi produk awal; (8) tahap uji coba produk akhir; dan (9) tahap revisi produk akhir. Dalam penelitian ini melaksanakan 9 dari 10 tahap penelitian, karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh adalah hasil validasi dan hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligence terdiri dari: (a) proses pengembangan LKPD berbasis multiple intelligence yang terdiri 9 tahap yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan, digunakan untuk mengetahui permasalahan yang mendasari penelitian dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan; (2) tahap perencanaan, digunakan untuk memberikan informasi dalam mengembangkan produk; (3) tahap desain produk, dilakukan penyusunan rancangan dan pengembangan desain; (4) tahap validasi desain produk, dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk; (5) tahap revisi, dilakukan perbaikan berdasarkan hasil validasi; (6) tahap uji coba produk awal, dilakukan untuk mengetahui kesesuaian produk dengan kebutuhan peserta didik; (7) tahap revisi produk awal, dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil uji coba produk awal; (8) tahap uji coba produk akhir, dilakukan untuk mengetahui keefektivitasan produk dengan mengukur hasil belajar peserta didik; dan (9) tahap revisi produk akhir, dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan (b) hasil pengembangan LKPD berbasis multiple dapat dilihat dari persentase kelayakan produk dan persentase hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil validasi produk sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi soal posttest sebesar 92,6% dengan kategori sangat layak. Untuk hasil belajar diperoleh hasil yaitu persentase ranah afektif sebesar 100% dengan kategori sangat baik, persentase ranah kognitif sebesar 76% dengan kategori baik, serta persentase ranah psikomotor sebesar 79% dengan kategori baik. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan LKPD telah berjalan sesuai tahap penelitian model pengembangan Borg and Gall dan LKPD berbasis multiple intelligence layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan serta kecerdasan linguistik-verbal, matematis-logis, visual-spasial, gerak-kinestetik, interpersonal, intrapersonal, irama-musik, naturalis dan eksistensional. Saran dari penelitian ini adalah soal-soal yang ada dalam LKPD terbatas, sehingga perlu adanya soal-soal yang lebih bervariasi dan juga perlu adanya tahap lanjutan yaitu tahap penyebaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didik (LKPD)en_US
dc.subjectMultiple Intelligenceen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Intelligence Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Kelas IV di SDN Tegalgede 03en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record