• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Inovasi dan Diversifikasi Produk Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki Kecamatan Genteng Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Novinda Ayuningtias-150210301065_1.pdf (7.107Mb)
    Date
    2019-09-13
    Author
    AYUNINGTIAS, Novinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kota Banyuwangi kini menjadi sorotan masyarakat untuk dijadikan salah satu pilihan tempat berwisata. Perkembangan sektor pariwisata tersebut banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mendirikan beberapa usaha baru seperti pusat oleh-oleh. Oleh-oleh memang sudah menjadi nilai budaya dan menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang datang ke suatu kota untuk membeli makanan khas daerah sebagi oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Banyaknya pelaku usaha yang memproduksi produk sejenis membuat persaingan usaha semakin ketat. Hal tersebut mengakibatkan masing-masing perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan menghasilkan produk terbaru yang bertujuan untuk menarik minat konsumen dan menciptakan keunggulan bersaing. Salah satu strategi yang dapat digunakan pelaku usaha untuk memenangkan persaingan adalah melalui inovasi dan diversifikasi produk. Inovasi dan diversifikasi produk bisa menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan konsumen dan menarik pasar lebih luas, sehingga perusahaan tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan sejenisnya. UD. Sri Rejeki merupakan salah satu usaha yang memproduksi oleh-oleh khas Banyuwangi yang sudah berdiri sejak tahun 1980 dan mampu bertahan sekaligus berkembang di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Produk UD. Sri rejeki juga tidak hanya dipasarkan di wilayah Banyuwangi saja, melainkan sudah tersebar di berbagai daerah seperti seluruh kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Bali, dan sebagian wilayah Mataram. Perkembangan usaha dan luasnya wilayah pemasaran tentu tidak lepas dari adanya inovasi dan diversifikasi yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan mampu bertahan dan memiliki daya beda di pasaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi inovasi dan diversifikasi produk yang dilakukan pada Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi inovasi dan diversifikasi mana yang akan digunakan oleh perusahaan, serta informan pendukung dalam penelitian ini 6 orang karyawan dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92757
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository