• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelevelan Kemampuan Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship

    Thumbnail
    View/Open
    Anisa Kafifah-150210101063.pdf (6.378Mb)
    Date
    2019-09-12
    Author
    KAFIFAH, Anisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Literasi Matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip, konsep dan fakta yang dimiliki siswa dengan tepat. Berdasarkan survei PISA yang dilaksanakan 3 tahun sekali, rata-rata skor PISA siswa di Indonesia adalah 386 yang berarti masih berada di level 1 dari 6 level yang ada di PISA. Pada pelaksanaan PISA tahun tahun 2003, aljabar dan pengukuran secara signifikan lebih sulit dibanding dengan konten pisa lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship ditinjau dari ketercapaian level literasi matematikanya. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan matematika, soal tes kemampuan literasi matematika PISA, pedoman wawancara serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah divalidasi dan dinyatakan valid. Instrumen tes soal PISA mempunyai nilai validasi 2,75, tes soal kemampuan matematika 2,83 dan pedoman wawancara 2,75. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 dengan 33 siswa yang terdiri dari 5 siswa berkemampuan matematika rendah, 21 siswa berkemampuan matematika sedang dan 7 siswa berkemampuan matematika tinggi. Pengambilan data dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Februari 2019. Dalam penelitian ini, pengambilan subjek dilakukan dengan menganalisis pemenuhan indikator pada setiap level kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa. Siswa yang hanya memenuhi sebagian indikator pada setiap level atau siswa yang mampu memenuhi indikator yang tertinggi dicapai akan tetapi tidak dapat memenuhi semua atau sebagian indikator level dibawahnya maka akan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi memiliki perbedaan jika ditinjau dari ketercapaian literasi matematikanya. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika rendah ada yang tidak memenuhi semua indikator dari level 1 sampai level 6, siswa berkemampuan matematika rendah yang mampu mencapai level literasi yaitu pada level 1 dan level 2. Untuk siswa berkemampuan matematika sedang juga ada yang tidak memenuhi semua indikator dari level 1 sampai level 6, namun siswa berkemampuan matematika sedang lainnya mampu mencapai level 1, level 2, level 3 dan level 4. Siswa berkemampuan matematika tinggi mampu mencapai level 1, level 2 dan level 4.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENG EMBANGAN GA MATEMATIKA POKOK BAHASAN Diajukan guna sebagai Program Studi Pendidikan Matematika PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN i ME MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA EMBANGAN GAME MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA GARIS DAN SUDUT SMP KELAS VII 

      FATQURHOHMAN (2014-01-27)
      ame merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran jenuh yang disebabkan oleh aktifitas dan rutinitas sehari-hari. Pada pembelajaran matematika, game dapat dijadikan sebagai media ...
    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN METODE AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR GENJANG SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR GENJANG SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR SABRANG 05 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 

      DIAN RATNANINGSIH (2013-12-11)
      Di SD Negeri Sabrang 05 Ambulu khususnya kelas IV, cara belajar siswa dalam memahami suatu konsep masih dilakukan dengan cara menghafalkan suatu rumus luas saja. Rendanya perolehan hasil belajar siswa, dan jumlah siswa ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository