dc.description.abstract | Materi yang dikembangkan di dalam buku siswa kelas IV SD pada tema Cita-citaku membahas mengenai berbagai macam profesi dan kegiatan orang-orang di sekitar siswa yang berkaitan dengan lingkungannya. Kelas IV terdapat 9 tema, salah satunya yaitu tema 6 Cita-citaku, tema 6 Cita-citaku terdapat 3 sub tema salah satunya adalah sub tema 1 Aku dan Cita-citaku. Dalam penyajiannya buku siswa masih kurang sesuai dengan konteks lingkungannya, bukan berarti siswa tidak mempelajari beberapa kegiatan yang ada di lingkungan.
Hal tersebut didukung oleh hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru kelas IV SDN 01 Lemahbangdewo yang menyatakan bahwa (1) media pembelajaran yang digunakan untuk megajar sangat terbatas dan kurang bervariasi; (2) pembelajaran yang dilakukan hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa; (3) beberapa siswa malas melakukan latihan seusai kegiatan pembelajaran, karena LKPD yang kurang menarik; dan (4) LKPD yang sering digunakan pada pembelajaran adalah LKPD yang dibeli dari penerbit, sedikit gambar dan masih menggunakan kertas warna hitam putih saja. Berdasarkan hasil angket yang dikerjakan oleh 45 siswa kelas IV SDN 1 Lemahbangdewo, 75,5% siswa menyatakan malas membaca LKPD karena penyajian bahan ajar khususnya LKPD yang kurang menarik untuk dibaca dan 71.8% siswa menyatakan tertarik apabila belajar menggunakan LKPD yang lebih bervariasi. Berdasarkan uraian permasalahan di atas peneliti merasa perlu untuk mengembangkan suatu bahan ajar berupa LKPD yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik pada Tema 6 Cita-citaku Sub Tema 1 Aku dan Cita-citaku Kelas IV SD“. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk LKPD berbasis komik pokok bahasan Aku dan Cita-citaku kelas IV SD; (2) untuk menghasilkan pengembangan produk berupa LKPD berbasis komik pokok bahasan Aku dan Cita-citaku kelas IV SD yang telah teruji kelayakannya secara teoritik dan keefektifannya dalam penggunaan produk LKPD berbasis komik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini merupakan jenis penelitian yang menghasilkan suatu produk. Uji coba ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Lemahbangdewo yang berjumlah 45 orang. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa LKPD berbasis komik tema 6 Cita-citaku sub tema 1 Aku dan Cita-citaku. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang dikembangkan oleh Thiagarajan, (1974:5-9) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate).
Hasil dari pengembangan ini adalah LKPD berbasis komik tema 6 Cita-citaku sub tema 1 Aku dan Cita-citaku. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas LKPD berbasis komik tergolong dalam kategori sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi dari empat validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 82,8%. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa efektivitas LKPD berbasis komik tergolong sangat efektif dengan persentase keefektifan sebesar 82,2% siswa mendapatkan nilai hasil belajar ≥ KKM, dan 17,7% lainnya siswa mendapatkan nilai hasil <KKM. Dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKPD berbasis komik termasuk ke dalam kategori respon positif dengan persentase 95,6%. | en_US |