• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Nisa Amalia Agustin - 150210302005_1.pdf (3.379Mb)
    Date
    2019-09-12
    Author
    AGUSTIN, Nisa Amalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah bertujuan mengembangkan historical thinking skill yang menjadi dasar bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Namun pada kenyataannya dari hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah memiliki permasalahan terkait rendahnya higher order thinking skill, hal tersebut ditunjukkan: (1) materi yang disampaikan oleh pendidik hanya terfokus pada fakta-fakta sejarah berupa tanggal dan tokoh dari peristiwa sejarah; (2) 80% peserta didik hanya mampu menjawab pertanyaan pada ranah kognitif C1 dan C2; (3) 70% peserta didik dalam menyampaikan materi diskusi tidak menggunakan bahasa sendiri melainkan hanya dengan menggunakan bahasa buku teks; (4) 65% peserta didik masih kesulitan menyampaikan pendapat dari berbagai sudut pandang. Selain itu metode pembelajaran yang digunakan di dalam kelas masih menggunakan metode pembelajaran ceramah atau konvensional sehingga tujuan pembelajaran sejarah belum tercapai sepenuhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, strategi brain based learning digunakan untuk meningkatkan higher order thinking skill dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan strategi brain based learning dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan higher order thinking skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2018/2019; (2) bagaimanakah penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi brain based learning dalam meningkatkan higher order thinking skill dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah dengan jumlah 32 peserta didik. Desain penelitian denganmenggunakan skema model Kemmis and Taggart, metode pengumpulan data menggunakan model observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase higher order thinking skill peserta didik, sebagai berikut: (1) pada indikator menganalisis siklus 1 sebesar 58,59%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 73,44%, dan pada siklus 3 sebesar 81,30%; (2) pada indikator mengevaluasi siklus 1 diperoleh sebesar 52,34%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 68,75%, dan pada siklus 3 sebesar 79,70%; (3) pada indikator mengkreasi siklus 1 diperoleh sebesar 48,44%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 64,06%, dan pada siklus 3 sebesar 76,60%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 70,5. Pada siklus 2 sebesar 77,03 dan pada siklus 3 sebesar 78,93. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan higher order thinking skill peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah, pada siklus 1 persentase secara klasikal sebesar 53,10% pada siklus 2 persentase secara klasikal meningkat sebanyak 15,65% sehingga menjadi 68,75%, pada siklus 3 persentase klasikal meningkat dari siklus 2 sebanyak 10,45% sehingga ketuntasan klasikal meningkat menjadi 79,20%; (2) penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah, rata-rata hasil belajar pada siklus 1 sebesar 70,50 meningkat 3,53 sehingga siklus 2 diperoleh hasil sebesar 74,03, pada siklus 2 meningkat 4,9 sehingga siklus 3 diperoleh hasil sebesar 78,93. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya, dan juga sebagai rekomendasi terkait strategi pembelajaran brain based learning dan higher order thinking skill pada pembelajaranssejarah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92738
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository